Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Next Generation Portable

Rumor dan spekulasi mengenai keberadaan PlayStation Portable 2 berakhir sudah. Sony mengumumkan suksesor PSP dengan sederet fitur masa depan, hingga mereka bingung menamakannya apa. Diberi nama sandi NGP, atau Next Generation Portable, konsol genggam ini akan menjadi saingan terberat Nintendo 3DS. Berikut adalah fakta yang perlu Anda ketahui mengenai NGP.
NGP memiliki layar OLED multi-touch berukuran 5" dengan resolusi 960x544 yang mampu menampilkan 16 juta warna. Terdapat dua kamera depan dan belakang, dua speaker, dan sebuah microphone. Sony mempersenjatai NGP dengan prosesor ARM Cortex A9 quad core plus prosesor grafis PowerVR, yang diklaim mampu menjalankan game dengan kualitas setara PS3. Sony sendiri menyebutkan, game-game PS3 dapat di-port ke NGP tanpa kendala.
Hujatan terbesar yang diterima PSP adalah absennya analog kanan. Kenapa analog kedua itu penting? Karena dua analog memungkinkan gamer menjalankan karakter pada game first person shooter dengan analog kiri, misalnya, dan membidik dengan analog kanan. Bergembiralah karena NGP hadir dengan fitur vital tersebut.
Selain dapat mengendalikan game dari deretan kontrol yang terdapat pada bagian muka, termasuk layar sentuh, NGP gamer dapat memanfaatkan juga panel touch-sensitive di bagian belakang. Lewat panel tersebut, gamer dapat melakukan gerakan-gerakan tangan seperti menyentuh, menggenggam, melacak, mendorong, dan menarik. Ini masih belum termasuk cara mengendalikan game dengan gerakan lewat sensor three-axis gyroscope, three-axis accelerometer, dan three-axis electronic compass.
Konsol genggam yang 13mm lebih panjang dari PSP-3000 (namun sama tebal, 18,6mm) ini tidak hanya menawarkan game unduhan, tetapi juga game berbaris kartu flash memory yang dirancang khusus untuk NGP. Belum cukup sampai di situ, toko online PlayStation Suite yang baru saja diluncurkan — tersedia untuk smartphone Sony Ericsson Xperia Play - memungkinkan game-game casual Android bisa dimainkan di NGP, seperti halnya game-game PlayStation juga bisa dimainkan di platform Android.
Lalu, kapan NGP tersedia di pasaran? Belum bisa dipastikan, walaupun kemungkinan besar akan tersedia tahun ini. Sony tidak memberikan tanggal yang spesifik. Mereka hanya mengatakan kalau NGP akan tiba di musim liburan 2011, atau akhir tahun ini, dengan harga yang masih dirahasiakan. Namun, melihat Nintendo 3DS dipasarkan di kisaran $250, atau sekitar Rp 2,2 juta, banyak pihak yang memprediksi harga NGP tidak akan berbeda jauh dengan kompetitornya itu, setidaknya berada di bawah $300.(Gadget/roc)
SPECIFICATIONS
CPU:ARM Cortex A9 core (4 core)
GPU:SGX543MP4
External Dimensions:Approx 182,0 x 18,6 x 83,5mm (width x height x depth) (tentative, excludes largest projection)
Screen (Touch screen):5 inches (16:9), 960 x 544, Approx 16 million colors, OLED, Multi touch screen (capacitive type)
Rear touch pad:Multi touch pad (capacitive type)
Sensors:Six axis motion sensing system (three axis gyroscope, three axis accelerometer), Three axis electronic compass
Location:Built in GPS, Wi Fi location service support
Wireless Communications:Mobile network connectivity (3G), IEEE 802 11 b/g/n (n 1xl)(Wi-Fi)(Infrastructure mode/Ad hoc mode), Bluetooth 2 1+EDR (A2DP/AVRCP/HSP)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar